MELAKUKAN ANALISIS INSTRUKSIONAL




Setelah mengidentifikasi tujuan pembelajaran, maka akan ditentukan apa tipe belajar yang dibutuhkan siswa. Tujuan yang dianalisis untuk mengidentifikasi keterampilan yang lebih khusus lagi yang harus dipelajari. Analisis ini akan menghasilkan chart atau diagram tentang keterampilan-keterampilan atau konsep dan menunjukkan keterkaitan antara keterampilan atau konsep tersebut

Analisis instruksional yaitu sebuah prosedur yang digunakan untuk menentukan ketrampilan dan pengetahuan yang relevan dan diperlukan oleh peserta didik untuk mencapai kompetensi. Antara lain pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang perlu dimiliki peserta didik setelah mengikuti pembelajaran. Langkah ini, mengklasifikasi tujuan ke dalam ranah belajar, menentukan langkah-demi-langkah apa yang dilakukan orang ketika mereka melakukan tujuan tersebut (mengenali keterampilan bawahan/subordinat). Tujuan dari proses analisis instruksional adalah untuk menentukan keterampilan, pengetahuan, dan sikap, yang dikenal sebagai perilaku masukan (entry behaviors), yang diperlukan peserta didik untuk dapat memulai Instruksional. Peta konsep akan menggambarkan hubungan di antara semua keterampilan yang telah diidentifikasi

Analisis instruksional mencakup dua langkah mendasar. Yang pertama adalah mengklasifikasikan tujuan pernyataan sesuai dengan jenis pembelajaran yang akan terjadi. (Kategori yang berbeda pembelajaran disebut sebagai ranah pembelajaran) Langkah kedua adalah mengidentifikasi dan urutkan langkah-langkah utama yang diperlukan untuk melakukan tujuan atau, untuk informasi lisan, mengidentifikasi kelompok utama informasi yang harus diingat oleh peserta didik. 

Menurut Dick and Carey, proses analisis tujuan dimulai setelah Anda membuat tujuan  pembelajaran yang jelas. Langkah pertama dalam proses analisis tujuan adalah mengelompokkan tujuan kedalam satu dari empat bidang pembelajaran. Hal tersebut  bisa jadi sikap, kecerdasan, informasi verbal atau keterampilan psikomotorik. 

Langkah kedua dalam proses analisis tujuan adalah mengidentifikasi langkah-langkah utama yang peserta didik harus tampilkan untuk menunjukkan kalau mereka udah mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Langkah-langkah utama ini harus termasuk perilaku dan muatan yang relevan serta harus diurutkan dalam urutan yang efisien. Untuk tujuan kemampuan intelektual dan psikomotorik, sama baiknya dengan sikap, sebuah diagram urut dari langkah-langkah tepat yang diambil. Sebuah analisis informasi verbal biasanya akan menghasilkan kumpulan topik yang dapat diorganisasikan oleh kronologi atau oleh hubungan yang melekat lainnya misalnya satu dari semua, sederhana ke rumit, atau familiar ke tdk familiar. 

Ingat bahwa kerangka kerja yg sempurna dari keterampilan dibutuhkan untuk sebuah tujuan yang jarang dibuat pada usaha pertama. Produk awal Anda harus dilihat sebagai sebuah konsep dan harusnya diperlakukan sebagai evaluasi dan perbaikan. Masalah khusus yang dilihat selama evaluasi termasuk langkah-langkah yang tdk biasa dalam proses, terlalu kecil atau terlalu besar serta salah meletakkan dalam urutan. Produk akhir dari analisis tujuan Anda harusnya sebuah diagram keterampilan yang menyediakan gambaran sekilas tentang apa yang akan dilakukan peserta didik saat mereka melakukan tujuan pembelajaran.

PERMASALAHAN  

Langkah pertama dalam proses analisis instruksional adalah mengelompokkan tujuan kedalam satu dari tiga bidang pembelajaran. Hal tersebut bisa jadi sikap, kecerdasan, informasi verbal atau keterampilan psikomotorik. Bagaimana cara Anda mengklasifikasikan tujuan sesuai dengan jenis pembelajaran yang akan terjadi sehingga ketiga ranah pembelajaran bisa tercapai! Dan Berikan contoh dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan didalam kelas.!








Komentar

  1. menurut saya mengklasifikasikan tujuan sesuai sikap, kecerdasan, informasi verbal atau keterampilan psikomotorik dengan jenis pembelajaran ini harus kita rancang dalam RPP. misalnya kita mau mengajarkan faktor-faktor laju reaksi, sikap siswa yang kita harapkan adalah siswa aktif dalam melakukan percobaan dan bersemangat dalam melaksanakan percobaan tersebut. kemudian kecerdasan siswa yang kitaharapkan adalah siswa bisa menyesuaikan hasil yang mereka dapat dalam praktikum dengan teori yang sudah ada dan mereka bisa mempertahan kan argumen yang mereka telontarkan. informasi verbal yang diharapkan adalah mereka bisa mencarai leteratur yang bisa dipertanggung jawabkan dan lrteratur yang jelas. dan keterampilan psikomotor yang diharapkan adalah siswa bisa menyelesaikan percobaan dengan tepat waktu dan sesuai dangan prosedur yang ada.

    BalasHapus
  2. CARA MENGKLASIFIKASIKAN TUJUAN SESUAI DENGAN JENIS PEMBELAJARAN YANG AKAN TERJADI SEHINGGA KETIGA RANAH PEMBELAJARAN ADALAH SAAT PEMBUATAN RPP. Pada RPP ada tujuan pembelajaran. Pada tujuan pembelajaran di klasifikasikan pada 3 ranah pembelajaran. Seperti pada materi asam basa : identifikasi asam dan basa. SIKAP yang diharapkan adalah siswa aktif pada saat proses praktikum identifikasi asam dan basa. KECERDASAN yang di harapkan adalah siswa dapat mengidentifikasi asam dan basa dari hasil praktikum serta menghubungkannya dengan teori yang telah di pelajari. INFORMASI VERBAL/KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK yang diharapkan adalah siswa dapat mencari literatur berkaitan dengan praktikum dan teori-teori materi tersebut.

    BalasHapus
  3. MENURUT SAYA CARA MENGKLASIFIKASIKANNYA
    SILABUS PELAJARAN KIMIA( KOLOID)-->KOPETENSI INTI--> KOPETENSI DASAR--> INDIKATOR--> TUJUAN PEMBELAJARAN.
    CONTOH :
    MATERI KOLOID
    SILABUS : 3.15 Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
    4.15 Mengajukan ide/gagasan untuk memodifikasi pembuatan koloid berdasarkan
    pengalaman membuat beberapa jenis koloid

    KI : PENJELASAN DARI KI-1 - KI-2

    KD: 3.15 Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
    4.15 Mengajukan ide/gagasan untuk memodifikasi pembuatan koloid berdasarkan
    pengalaman membuat beberapa jenis koloid

    INDIKATOR :
    3.15 Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
    1. Menganalisis hubungan efek Tyndall dengan panjang gelombang cahaya (KECERDASAN)
    2. Menyebutkan faktor penyebab koagulasi koloid ( INFORMASI VERBAL)
    4.15 Mengajukan ide/gagasan untuk memodifikasi pembuatan koloid berdasarkan pengalaman
    membuat beberapa jenis koloid
    1.Melakukan percobaan efek Tyndall dalam membedakan sistem koloid dan larutan sejati pada
    beberapa bahan-bahan yang ada disekitarnya ( KETERAMPILAN MOTORIK)
    2.Mengamati dan mencatat data hasil percobaan efek Tyndall dalam membedakan sistem
    koloid dan larutan sejati pada beberapa bahan-bahan yang ada disekitarnya ( KETERAMPILAN
    MOTORIK )

    TUJUAN
    1. Siswa dapat menyadari adanya keteraturan sifat koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME.
    (SIKAP)
    2. Siswa dapat menunjukan sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok (SIKAP)
    3. Siswa dapat Menganalisis hubungan efek Tyndall dengan panjang gelombang cahaya
    (KECERDASAN)
    4. Siswa dapat Menyebutkan faktor penyebab koagulasi koloid ( INFORMASI VERBAL)
    5. Sisw dapat Melakukan percobaan efek Tyndall dalam membedakan sistem koloid dan larutan
    sejati pada beberapa bahan-bahan yang ada disekitarnya ( KETERAMPILAN MOTORIK)
    6. Siswa dapat Mengamati dan mencatat data hasil percobaan efek Tyndall dalam membedakan
    sistem koloid dan larutan sejati pada beberapa bahan-bahan yang ada disekitarnya
    (KETERAMPILAN MOTORIK )


    BalasHapus
  4. Menurut saya cara mengklasifikasikan tujuan sesuai dengan jenis pembelajaran yang akan terjadi sehingga ketiga ranah pembelajaran itu ada disaat pembuatan RPP. Pada RPP ada tujuan pembelajaran. Pada tujuan pembelajaran di klasifikasikan pada 3 ranah pembelajaran. Seperti pada pembelajaran materi identifikasi larutan elektrolit dan non elektrolit. . SIKAP yang diharapkan adalah siswa aktif pada saat proses praktikum identifikasi larutan elektrolit dan non elektrolit.. KECERDASAN yang di harapkan adalah siswa dapat mengidentifikasi larutan elektrolit dan non elektrolit dari hasil praktikum serta menghubungkannya dengan teori yang telah di pelajari. INFORMASI VERBAL/KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK yang diharapkan adalah siswa dapat mencari literatur berkaitan dengan praktikum dan teori-teori materi tersebut.

    BalasHapus
  5. MENURUT SAYA CARA MENGKLASIFIKASIKAN TUJUAN SESUAI DENGAN JENIS PEMBELAJARAN YANG AKAN TERJADI SEHINGGA KETIGA RANAH PEMBELAJARAN ADALAH SAAT PEMBUATAN RPP. SAAT MEMBUAT RPP KETIGA RANAH INI HARUS ADA.
    MISALNYA PADA PEMBELAJARAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

    1. Menunjukan rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan YME atas adanya keteraturan dalam
    sifat koligatif larutansehingga terciptanya berbagai produk untuk kehidupan sehari-
    hari(SIKAP)
    2. Menunjukan perilaku rasa ingin tahu, disiplin, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif,
    komunikatif dalam merancang dan melakukan percobaan kenaikan titik didih, penurunan
    titik beku dan tekanan osmotik (SIKAP)
    3. Menjelaskan pengaruh suhu dan tekanan terhadap sifat koligatif larutan (KECERDASAN)
    4. Menentukan pengaruh zat terlarut terhadap sifat koligatif larutan (INFORMASI VERBAL)
    5. Mengkomunikasikan hasil analisis data percobaan pengaruh temperature terhadap uap air
    (KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK)
    6. Mengkomunikasikan hubungan antara banyaknya zat terlarut senyawa non volatile dengan
    tekanan uap larutan (KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK)

    BalasHapus
  6. MENURUT SAYA CARA MENGKLASIFIKASIKAN tujuan sesuai dengan jenis pembelajaran yang akan terjadi sehingga ketiga ranah pembelajaran adalah saat PEMBUATAN RPP. Pada RPP ada TUJUAN PEMBELAJARAN. Pada tujuan pembelajaran di klasifikasikan pada 3 RANAH PEMBELAJARAN.
    MISALNYA PADA MATERI LAJU REAKSI
    SIKAP yang diharapkan adalah siswa aktif pada saat proses praktikum identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
    KECERDASAN yang di harapkan adalah siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi serta menghubungkannya dengan teori.
    INFORMASI VERBAL/KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK yang diharapkan adalah siswa dapat mencari literatur berkaitan dengan praktikum dan teori-teori materi tersebut.

    BalasHapus
  7. Menurut saya cara mengklasifikasikan tujuan sesuai dengan jenis pembelajaran yang akan terjadi sehingga ketiga ranah pembelajaran tersebut bisa tercapai yaitu PADA SAAT PEMBUATAN RPP. SAAT MEMBUAT RPP KETIGA RANAH INI HARUS ADA.

    Contoh pelaksanaan dalam pembelajaran yaitu materi identifikasi larutan elektrolit dan non elektrolit. SIKAP yang diharapkan adalah siswa aktif pada saat proses praktikum identifikasi larutan elektrolit dan non elektrolit.. KECERDASAN yang di harapkan adalah siswa dapat mengidentifikasi larutan elektrolit dan non elektrolit dari hasil praktikum serta menghubungkannya dengan teori yang telah di pelajari. INFORMASI VERBAL/KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK yang diharapkan adalah siswa dapat mencari literatur berkaitan dengan praktikum dan teori-teori materi tersebut.

    BalasHapus
  8. CARA MENGKLASIFIKASI TUJUAN menurut saya sesuai KURIKULUM DAN SILABUS
    YANG DIUPAYAKAN UTK sikap, kecerdasan, informasi verbal atau keterampilan psikomotorik dengan jenis pembelajaran ini harus kita rancang dalam RPP. misalnya kita mau mengajarkan REDOKS, sikap siswa yang kita harapkan adalah siswa aktif dalam melakukan percobaan dan mampu menganalisa bahan kimia yang digunakan. kemudian kecerdasan siswa yang kitaharapkan adalah siswa bisa menyesuaikan hasil yang mereka dapat dalam praktikum dengan teori yang sudah ada dan mereka bisa membuktikan lewat praktikum. informasi verbal yang diharapkan adalah mereka bisa melakukan praktikum yg benar. Keterampilan psikomotor yang diharapkan adalah siswa bisa menyelesaikan percobaan dengan tepat waktu dan sesuai dangan prosedur yang ada.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOMPONEN-KOMPONEN KURIKULUM

MENGANALISIS PEMBELAJAR DAN KONTEKS