MELAKUKAN ANALISIS INSTRUKSIONAL
Setelah mengidentifikasi tujuan
pembelajaran, maka akan ditentukan apa tipe belajar yang dibutuhkan siswa.
Tujuan yang dianalisis untuk mengidentifikasi keterampilan yang lebih khusus
lagi yang harus dipelajari. Analisis ini akan menghasilkan chart atau diagram
tentang keterampilan-keterampilan atau konsep dan menunjukkan keterkaitan
antara keterampilan atau konsep tersebut
Analisis instruksional yaitu sebuah
prosedur yang digunakan untuk menentukan ketrampilan dan pengetahuan yang
relevan dan diperlukan oleh peserta didik untuk mencapai kompetensi. Antara
lain pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang perlu dimiliki peserta didik
setelah mengikuti pembelajaran. Langkah ini, mengklasifikasi
tujuan ke dalam ranah belajar, menentukan langkah-demi-langkah apa yang
dilakukan orang ketika mereka melakukan tujuan tersebut (mengenali keterampilan
bawahan/subordinat). Tujuan dari proses analisis instruksional adalah untuk
menentukan keterampilan, pengetahuan, dan sikap, yang dikenal sebagai perilaku
masukan (entry behaviors), yang diperlukan peserta didik untuk dapat memulai
Instruksional. Peta konsep akan menggambarkan hubungan di antara semua keterampilan
yang telah diidentifikasi
Analisis instruksional mencakup dua
langkah mendasar. Yang pertama adalah mengklasifikasikan tujuan pernyataan
sesuai dengan jenis pembelajaran yang akan terjadi. (Kategori yang berbeda
pembelajaran disebut sebagai ranah pembelajaran) Langkah kedua adalah
mengidentifikasi dan urutkan langkah-langkah utama yang diperlukan untuk
melakukan tujuan atau, untuk informasi lisan, mengidentifikasi kelompok utama
informasi yang harus diingat oleh peserta didik.
Menurut Dick and Carey, proses analisis
tujuan dimulai setelah Anda membuat tujuan
pembelajaran yang jelas. Langkah pertama dalam proses analisis tujuan
adalah mengelompokkan tujuan kedalam satu dari empat bidang pembelajaran.
Hal tersebut bisa jadi sikap,
kecerdasan, informasi verbal atau keterampilan psikomotorik.
Langkah kedua dalam proses analisis tujuan
adalah mengidentifikasi langkah-langkah utama yang peserta didik harus
tampilkan untuk menunjukkan kalau mereka udah mencapai tujuan pembelajaran yang
diharapkan. Langkah-langkah utama ini harus termasuk perilaku
dan muatan yang relevan serta harus diurutkan dalam urutan yang efisien. Untuk
tujuan kemampuan intelektual dan psikomotorik, sama baiknya dengan sikap,
sebuah diagram urut dari langkah-langkah tepat yang diambil. Sebuah analisis
informasi verbal biasanya akan menghasilkan kumpulan topik yang dapat
diorganisasikan oleh kronologi atau oleh hubungan yang melekat lainnya misalnya
satu dari semua, sederhana ke rumit, atau familiar ke tdk familiar.
Ingat
bahwa kerangka kerja yg sempurna dari keterampilan dibutuhkan untuk sebuah
tujuan yang jarang dibuat pada usaha pertama. Produk awal Anda harus dilihat
sebagai sebuah konsep dan harusnya diperlakukan sebagai evaluasi dan perbaikan.
Masalah khusus yang dilihat selama evaluasi termasuk langkah-langkah yang tdk
biasa dalam proses, terlalu kecil atau terlalu besar serta salah meletakkan
dalam urutan. Produk akhir dari analisis tujuan Anda harusnya sebuah diagram
keterampilan yang menyediakan gambaran sekilas tentang apa yang akan dilakukan
peserta didik saat mereka melakukan tujuan pembelajaran.
PERMASALAHAN
Langkah pertama dalam proses analisis
instruksional adalah mengelompokkan tujuan kedalam satu dari tiga bidang
pembelajaran. Hal tersebut bisa jadi sikap, kecerdasan, informasi verbal atau keterampilan
psikomotorik. Bagaimana cara Anda mengklasifikasikan tujuan sesuai
dengan jenis pembelajaran yang akan terjadi sehingga ketiga ranah pembelajaran
bisa tercapai! Dan Berikan contoh dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan
didalam kelas.!
menurut saya mengklasifikasikan tujuan sesuai sikap, kecerdasan, informasi verbal atau keterampilan psikomotorik dengan jenis pembelajaran ini harus kita rancang dalam RPP. misalnya kita mau mengajarkan faktor-faktor laju reaksi, sikap siswa yang kita harapkan adalah siswa aktif dalam melakukan percobaan dan bersemangat dalam melaksanakan percobaan tersebut. kemudian kecerdasan siswa yang kitaharapkan adalah siswa bisa menyesuaikan hasil yang mereka dapat dalam praktikum dengan teori yang sudah ada dan mereka bisa mempertahan kan argumen yang mereka telontarkan. informasi verbal yang diharapkan adalah mereka bisa mencarai leteratur yang bisa dipertanggung jawabkan dan lrteratur yang jelas. dan keterampilan psikomotor yang diharapkan adalah siswa bisa menyelesaikan percobaan dengan tepat waktu dan sesuai dangan prosedur yang ada.
BalasHapusCARA MENGKLASIFIKASIKAN TUJUAN SESUAI DENGAN JENIS PEMBELAJARAN YANG AKAN TERJADI SEHINGGA KETIGA RANAH PEMBELAJARAN ADALAH SAAT PEMBUATAN RPP. Pada RPP ada tujuan pembelajaran. Pada tujuan pembelajaran di klasifikasikan pada 3 ranah pembelajaran. Seperti pada materi asam basa : identifikasi asam dan basa. SIKAP yang diharapkan adalah siswa aktif pada saat proses praktikum identifikasi asam dan basa. KECERDASAN yang di harapkan adalah siswa dapat mengidentifikasi asam dan basa dari hasil praktikum serta menghubungkannya dengan teori yang telah di pelajari. INFORMASI VERBAL/KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK yang diharapkan adalah siswa dapat mencari literatur berkaitan dengan praktikum dan teori-teori materi tersebut.
BalasHapusMENURUT SAYA CARA MENGKLASIFIKASIKANNYA
BalasHapusSILABUS PELAJARAN KIMIA( KOLOID)-->KOPETENSI INTI--> KOPETENSI DASAR--> INDIKATOR--> TUJUAN PEMBELAJARAN.
CONTOH :
MATERI KOLOID
SILABUS : 3.15 Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
4.15 Mengajukan ide/gagasan untuk memodifikasi pembuatan koloid berdasarkan
pengalaman membuat beberapa jenis koloid
KI : PENJELASAN DARI KI-1 - KI-2
KD: 3.15 Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
4.15 Mengajukan ide/gagasan untuk memodifikasi pembuatan koloid berdasarkan
pengalaman membuat beberapa jenis koloid
INDIKATOR :
3.15 Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
1. Menganalisis hubungan efek Tyndall dengan panjang gelombang cahaya (KECERDASAN)
2. Menyebutkan faktor penyebab koagulasi koloid ( INFORMASI VERBAL)
4.15 Mengajukan ide/gagasan untuk memodifikasi pembuatan koloid berdasarkan pengalaman
membuat beberapa jenis koloid
1.Melakukan percobaan efek Tyndall dalam membedakan sistem koloid dan larutan sejati pada
beberapa bahan-bahan yang ada disekitarnya ( KETERAMPILAN MOTORIK)
2.Mengamati dan mencatat data hasil percobaan efek Tyndall dalam membedakan sistem
koloid dan larutan sejati pada beberapa bahan-bahan yang ada disekitarnya ( KETERAMPILAN
MOTORIK )
TUJUAN
1. Siswa dapat menyadari adanya keteraturan sifat koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME.
(SIKAP)
2. Siswa dapat menunjukan sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok (SIKAP)
3. Siswa dapat Menganalisis hubungan efek Tyndall dengan panjang gelombang cahaya
(KECERDASAN)
4. Siswa dapat Menyebutkan faktor penyebab koagulasi koloid ( INFORMASI VERBAL)
5. Sisw dapat Melakukan percobaan efek Tyndall dalam membedakan sistem koloid dan larutan
sejati pada beberapa bahan-bahan yang ada disekitarnya ( KETERAMPILAN MOTORIK)
6. Siswa dapat Mengamati dan mencatat data hasil percobaan efek Tyndall dalam membedakan
sistem koloid dan larutan sejati pada beberapa bahan-bahan yang ada disekitarnya
(KETERAMPILAN MOTORIK )
Menurut saya cara mengklasifikasikan tujuan sesuai dengan jenis pembelajaran yang akan terjadi sehingga ketiga ranah pembelajaran itu ada disaat pembuatan RPP. Pada RPP ada tujuan pembelajaran. Pada tujuan pembelajaran di klasifikasikan pada 3 ranah pembelajaran. Seperti pada pembelajaran materi identifikasi larutan elektrolit dan non elektrolit. . SIKAP yang diharapkan adalah siswa aktif pada saat proses praktikum identifikasi larutan elektrolit dan non elektrolit.. KECERDASAN yang di harapkan adalah siswa dapat mengidentifikasi larutan elektrolit dan non elektrolit dari hasil praktikum serta menghubungkannya dengan teori yang telah di pelajari. INFORMASI VERBAL/KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK yang diharapkan adalah siswa dapat mencari literatur berkaitan dengan praktikum dan teori-teori materi tersebut.
BalasHapusMENURUT SAYA CARA MENGKLASIFIKASIKAN TUJUAN SESUAI DENGAN JENIS PEMBELAJARAN YANG AKAN TERJADI SEHINGGA KETIGA RANAH PEMBELAJARAN ADALAH SAAT PEMBUATAN RPP. SAAT MEMBUAT RPP KETIGA RANAH INI HARUS ADA.
BalasHapusMISALNYA PADA PEMBELAJARAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN
1. Menunjukan rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan YME atas adanya keteraturan dalam
sifat koligatif larutansehingga terciptanya berbagai produk untuk kehidupan sehari-
hari(SIKAP)
2. Menunjukan perilaku rasa ingin tahu, disiplin, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif,
komunikatif dalam merancang dan melakukan percobaan kenaikan titik didih, penurunan
titik beku dan tekanan osmotik (SIKAP)
3. Menjelaskan pengaruh suhu dan tekanan terhadap sifat koligatif larutan (KECERDASAN)
4. Menentukan pengaruh zat terlarut terhadap sifat koligatif larutan (INFORMASI VERBAL)
5. Mengkomunikasikan hasil analisis data percobaan pengaruh temperature terhadap uap air
(KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK)
6. Mengkomunikasikan hubungan antara banyaknya zat terlarut senyawa non volatile dengan
tekanan uap larutan (KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK)
MENURUT SAYA CARA MENGKLASIFIKASIKAN tujuan sesuai dengan jenis pembelajaran yang akan terjadi sehingga ketiga ranah pembelajaran adalah saat PEMBUATAN RPP. Pada RPP ada TUJUAN PEMBELAJARAN. Pada tujuan pembelajaran di klasifikasikan pada 3 RANAH PEMBELAJARAN.
BalasHapusMISALNYA PADA MATERI LAJU REAKSI
SIKAP yang diharapkan adalah siswa aktif pada saat proses praktikum identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
KECERDASAN yang di harapkan adalah siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi serta menghubungkannya dengan teori.
INFORMASI VERBAL/KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK yang diharapkan adalah siswa dapat mencari literatur berkaitan dengan praktikum dan teori-teori materi tersebut.
Menurut saya cara mengklasifikasikan tujuan sesuai dengan jenis pembelajaran yang akan terjadi sehingga ketiga ranah pembelajaran tersebut bisa tercapai yaitu PADA SAAT PEMBUATAN RPP. SAAT MEMBUAT RPP KETIGA RANAH INI HARUS ADA.
BalasHapusContoh pelaksanaan dalam pembelajaran yaitu materi identifikasi larutan elektrolit dan non elektrolit. SIKAP yang diharapkan adalah siswa aktif pada saat proses praktikum identifikasi larutan elektrolit dan non elektrolit.. KECERDASAN yang di harapkan adalah siswa dapat mengidentifikasi larutan elektrolit dan non elektrolit dari hasil praktikum serta menghubungkannya dengan teori yang telah di pelajari. INFORMASI VERBAL/KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK yang diharapkan adalah siswa dapat mencari literatur berkaitan dengan praktikum dan teori-teori materi tersebut.
CARA MENGKLASIFIKASI TUJUAN menurut saya sesuai KURIKULUM DAN SILABUS
BalasHapusYANG DIUPAYAKAN UTK sikap, kecerdasan, informasi verbal atau keterampilan psikomotorik dengan jenis pembelajaran ini harus kita rancang dalam RPP. misalnya kita mau mengajarkan REDOKS, sikap siswa yang kita harapkan adalah siswa aktif dalam melakukan percobaan dan mampu menganalisa bahan kimia yang digunakan. kemudian kecerdasan siswa yang kitaharapkan adalah siswa bisa menyesuaikan hasil yang mereka dapat dalam praktikum dengan teori yang sudah ada dan mereka bisa membuktikan lewat praktikum. informasi verbal yang diharapkan adalah mereka bisa melakukan praktikum yg benar. Keterampilan psikomotor yang diharapkan adalah siswa bisa menyelesaikan percobaan dengan tepat waktu dan sesuai dangan prosedur yang ada.